Skip to main content

Jenis-jenis Pukulan Bulutangkis

Anda tentu tahu permainan badminton bukan? Permainan ini adalah salah satu permainan yang cukup banyak disukai oleh para pemain olahraga dan tentu saja anakmuda. Ada banyak jenis-jenis pukulan pada permainan bulutangkis (badminton), pukulan yang kuat dengan teknik yang tepat dapat menjadikan pukulan tersebut menjadi pukulan yang mematikan bagi lawan bahkan pukulan kecang dari lawan pun dapat dibalikan dengan mudah bila memang teknik memukulnya sudah benar dan teapat mengenai bola, banyak jenis pukulan yang ada di permainan bulutangkis dan berikut adalah ulasan untuk lebih rincinya lagi. langsung saja kita masuk ke penjelasan jenis pukulan pada badminton.

1. Pukulan Service
  
    Pukulan service merupakan pukulan dengan maksud untuk melempar bola ke area lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan untuk memulai permainan. Macam-macam pukulan servis adalah pukulan service pendek yaitu dapat dilakukan secara forehead ataupun deangan cara backhand, pukulan service panjang, pukulan service mendatar dan pukuran service cambuk.
  
2. Pukulan Lob


    Pukulan lob adalah pukulan melambung ke atas dengan arah diagonal dan bola akan menukik tajam ke bawah dari atas menuju lantai lapangan lawan. Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara yang mudah, yaitu dengan cara overlob, pukulan yang dilakukan di atas kepala dengan cara memukul bola melambung tinggi ke belakang. Underhand lob adalah pukulan yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul bola yang sudah melewati kepala dan di lambungkan tinggi ke belakang, Underhand lebih besar membutuhkan tenaga yang lebih karna bola sudah berada dibawah kepala.

3. Pukulan Drive

Pukulan drive adalah pukulan bola yang nantinya mendatar dan cepat sehingga lawan akan kesulitan untuk mengembalikan bola. Pukulan ini biasanya selalu diarahkan pada samping kanan, samping kiri, dan arah tengah-tengah badan lawan. namun pukulan seperti ini biasanya sering dipakai pada saat permainan ganda, baik ganda putra maupun ganda putri dan ganda campuran. dan pukulan ini pun dapat dilakukan dengan cara forehand dan backhand. Caranya pukulan drive forehand adalah sikap awal harus berdiri menghadap ke arah samping kenan, lalu pukulan bola datar dengan ayunan tangan dari belakang menuju arah depan dengan cara agak dipercepat. Lalu cara pukulan drive backhand adalah sikap awal harus berdiri kangkang dengan selebar bahu lalu pandangan mata harus ke arah samping kanan dengan badan sedikit miring ke arah kanan, dan bila yang datang dari arah kanan dari tubuh harus dipukul dengan ayunan raket dari arah belakang ke arah depan, diusahakan bola harus jalannya datar, dan usahakan juga bolanya dipukul dengan keras, sehingga laju bola menjadi cepat dan dapat memyulitkan lawan.

4. Pukulan Dropshot


Pukulan dropshot yaitu pukulan yang sama persis dengan pukulan smash, akan tetapi dropshot dilakukan agak sedikit pelan dan jatuh di depan area dekat net.  memukul bola yang harus diarahkan ke area lawan yang pastinya dekat dengan net, pukulan dropshot dapat dilakukan dari atas kepala atau dari bawah kepala, dan bisa juga di samping kepala.

5. Pukulan Smash

Pukulan smash adalah pukulan overhead atau forehand yang diarahka ke lapangan lawan secara tajam, keras, dan cepat. Pukulan smash dilakukan untuk menyerang agar lawan tidak bisa mengembalikan bola/ shuttle cock. Pukulan smash dominan dilakukan pada permainan ganda, baik ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Comments

Popular posts from this blog

RAHASIA TERPENDAM SENAR RAKET

hello guyss.. salam sejahtra para pecinta bulutangkis. di pagi hari ini saya akan sedikit berbagi informasi seputar dunia bulutangkis, khususnya pada bagian senar raket. senar raket adalah salah satu bahan yang wajib digunakan untuk melengkapi raket, karna kalo tidak ada senar bakalan gak bisa bermain kalian semua. disini ada gambar senar rake t yang akan saya tampilkan.  minggu lalu saya pernah ketoko tempat service raket, saya membawa raket saya yang bolong alis gak ada senarnya. dan gambar diatas yang anda lihat adalah gambar senar raket yang saya beli.ini adalah salah satu senar raket yang biasa saya pakai pas latihan. dan Senar raket badminton memiliki beberapa jenis atau tipe, dibedakan berdasarkan ketebalan senar. Berikut ini saya akan berbagai macam-macam senar raket dan tipe senar raket badminton yang saya ketahui: Senar BG 66 Kelebihan: Akurasi dan kelenturan bagus (cocok untuk pemain bertipe bertahan). Kekurang: Tidak terlalu tebal (mudah putus). Se

Keanehan Shutlecock Yang Jarang Diketahui

Hello sobat pencinta bulutangkis, disini saya akan mangajak anda untuk mengusik hal yang anda belum ketahui dan harus anda ketahui. Mari kita sedikit kulik mengenai fakta shuttle cock yang kita gunakan dalam bermain bulu tangkis nih. 1. Berat shuttle cock adalah 4,74 gram sampai 5,5 gram dengan diameter kepala 25-28 mm. Sementara diameter yang dibuat oleh bulu angsa adalah 54 mm. Bulu yang digunakan adalah bulu angsa atau bebek dan bukan unggas lain. Karena bulu angsa dan bebek memiliki kekuatan yang lebih baik dari bulu hewan lain. 2. Jumlah bulu pada shuttlecock adalah 16 dan tidak diketahui alasan mengapa jumlah tersebut yang digunakan. Mungkin untuk standarisasi berat agar shuttlecock bisa terbang sempurna. 3. Selain itu anehnya shuttlecock yang ada menggunakan bulu sayap angsa atau bebek sebelah kiri. Alasannya karena bulu di kiri bebek dan angsa memiliki kekuatan yang lebih dibanding bagian tubuh lainnya. 4. Di museum kota kansas, di halaman kansas city anda bis