Skip to main content

Keanehan Shutlecock Yang Jarang Diketahui



Hello sobat pencinta bulutangkis, disini saya akan mangajak anda untuk mengusik hal yang anda belum ketahui dan harus anda ketahui. Mari kita sedikit kulik mengenai fakta shuttle cock yang kita gunakan dalam bermain bulu tangkis nih.

1. Berat shuttle cock adalah 4,74 gram sampai 5,5 gram dengan diameter kepala 25-28 mm. Sementara diameter yang dibuat oleh bulu angsa adalah 54 mm.
Bulu yang digunakan adalah bulu angsa atau bebek dan bukan unggas lain. Karena bulu angsa dan bebek memiliki kekuatan yang lebih baik dari bulu hewan lain.

2. Jumlah bulu pada shuttlecock adalah 16 dan tidak diketahui alasan mengapa jumlah tersebut yang digunakan. Mungkin untuk standarisasi berat agar shuttlecock bisa terbang sempurna.

3. Selain itu anehnya shuttlecock yang ada menggunakan bulu sayap angsa atau bebek sebelah kiri. Alasannya karena bulu di kiri bebek dan angsa memiliki kekuatan yang lebih dibanding bagian tubuh lainnya.

4. Di museum kota kansas, di halaman kansas city anda bisa melihat shuttle cock terbesar di dunia dengan 48 kali ukuran shuttlecock normal. Seluruh shuttle cock itu dibuat hanya dalam waktu 5 hari pada 1994 dan terbuat dari fiberglass dan aluminium.


5. Shuttlecock dapat terbang dengan kecepatan melebihi motor dan mobil balap !
Sejauh ini, rekor smash tercepat dipegang tunggal putra nomor satu Malaysia, Lee Chong Wei dengan 408 km/jam saat melakoni laga di Hong Kong Open 2015. Rekornya diakui oleh BWF dan masuk ke Guinness World Records.

6. Baru-baru ini mads Pieler kolding berhasil mencetak rekor smash tercepat di india premier badminton league. Pemain asal denmark itu tercatat melepaskan Smash dengan kecepatan 426 km/jam. Sayangnya rekor tersebut belum resmi karena bukan turnamen resmi BWF.
 

7. Bulutangkis memang dinilai sebagai olahraga tercepat di dunia. Shuttlecock bisa menempuh kecepatan 493 km/jam melalui smash yang dilancarkan Tan Boon Heong saat uji coba raket YONEX pada 2016.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-jenis Pukulan Bulutangkis

Anda tentu tahu permainan badminton bukan? Permainan ini adalah salah satu permainan yang cukup banyak disukai oleh para pemain olahraga dan tentu saja anakmuda. Ada banyak jenis-jenis pukulan pada permainan bulutangkis (badminton), pukulan yang kuat dengan teknik yang tepat dapat menjadikan pukulan tersebut menjadi pukulan yang mematikan bagi lawan bahkan pukulan kecang dari lawan pun dapat dibalikan dengan mudah bila memang teknik memukulnya sudah benar dan teapat mengenai bola, banyak jenis pukulan yang ada di permainan bulutangkis dan berikut adalah ulasan untuk lebih rincinya lagi. langsung saja kita masuk ke penjelasan jenis pukulan pada badminton. 1. Pukulan Service         Pukulan service merupakan pukulan dengan maksud untuk melempar bola ke area lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan untuk memulai permainan. Macam-macam pukulan servis adalah pukulan service pendek yaitu dapat dilakukan secara forehead ataupun deangan cara backhand, pukulan service panjan

RAHASIA TERPENDAM SENAR RAKET

hello guyss.. salam sejahtra para pecinta bulutangkis. di pagi hari ini saya akan sedikit berbagi informasi seputar dunia bulutangkis, khususnya pada bagian senar raket. senar raket adalah salah satu bahan yang wajib digunakan untuk melengkapi raket, karna kalo tidak ada senar bakalan gak bisa bermain kalian semua. disini ada gambar senar rake t yang akan saya tampilkan.  minggu lalu saya pernah ketoko tempat service raket, saya membawa raket saya yang bolong alis gak ada senarnya. dan gambar diatas yang anda lihat adalah gambar senar raket yang saya beli.ini adalah salah satu senar raket yang biasa saya pakai pas latihan. dan Senar raket badminton memiliki beberapa jenis atau tipe, dibedakan berdasarkan ketebalan senar. Berikut ini saya akan berbagai macam-macam senar raket dan tipe senar raket badminton yang saya ketahui: Senar BG 66 Kelebihan: Akurasi dan kelenturan bagus (cocok untuk pemain bertipe bertahan). Kekurang: Tidak terlalu tebal (mudah putus). Se